Senin, 11 Juni 2007

Komponen ponsel yang sering dicomot tukang service nakal

LCD (Liquid Crystal Display)
Layar ponsel (LCD) adalah bagian yang cukup sering di salahgunakan oleh tukang service yang "nakal". Mereka dapat mengganti layar LCD apabila kerusakan ponsel anda bukan pada layar, melainkan pada mesin atau komponen lainnya. Hal ini dilakukan bila keadaan ponsel anda tidak bisa diperbaiki lagi.

Badan Mesin
Badan mesin dapat digantikan dengan jenis ponsel yang mirip,tetapi kinerja mesinnya lebih buruk ketimbang mesin ponsel anda. Banyak tukang service yang melakukan hal tersebut jika anda berniat membatalkan atau tidak jadi memperbaiki ponsel tersebut.

Konektor
Walaupun harganya murah dipasaran tetapi jika sulit ditemukan, konektor batere dan konektor charger bisa menjadi salah satu part berharga untuk diambil. Bagian ini terbilang gampang-gampang susah untuk diperbaiki.

Integrated Circuit (IC)
Mesin ponsel terdiri atas beberapa IC yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Spare part yang paling sring dicopot dan dicuri oleh tukang service ponsel anda adalah IC. Benda berbentuk kotak hitam ini cukup mahal harganya, dan kebanyakan jika harus membeli ditoko spare part IC kualitasnya belum tentu baik karena bukan IC original. sedangkan kualitas IC dari mesin ponsel yang original pasti lebih bagus.

Speaker
Tidak berbeda dengan konektor speaker, harganya murah dan mudah didapatkan ditoko-toko yang menjual spare part. Tukang service "nakal" suka mengambil komponen ini karena speaker asli bersuara lebih jernih ketimbang komponen baru yang dijual dipasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar