Sabtu, 09 Januari 2010

Mudahnya Belanja online (bagian 2)

Setelah mendapat informasi lengkap tentang valid tidaknya toko online ybs sekarang saatnya melakukan order. Situs toko online yang lengkap kadang memberikan fasilitas lengkap sampai keranjang belanja dan proses pembayar yang otomatis via web, namun bagaimanapun anda tetap harus konfirmasi karena sampai saat ini belum ada sistem web yang bekerja sendiri 100% kecuali situs paypal online yang isinya produk yang bisa didownload, disini tidak ada campur tangan operator sama sekali. Selain jenis itu tetap ada campur tangan manusia atau operator untuk memproses pembayaran dan pengiriman barang ke konsumen/pembeli.

Setelah proses checkout anda dapat melihat berapa total belanja dan biaya kirimnya, situs toko online yang otomatis juga akan mengirimkan rincian belanja ke email anda, karena sebelumnya anda memang harus terdaftar dahulu agar dapat berbelanja (pendaftarannya mudah).

Namun ada juga yang manual. Setelah mendapatkan harga barang anda harus konfirmasi lagi ke penjual, apakah stok barang tersedia, atau berapa harganya apabila harga ternyata tidak dicantumkan, juga total kirim ke alamat anda. Jika sudah dapat balasan baik itu ym, telp,dll baru dilakukan transfer biaya belanja+pengiriman. Terakhir konfirmasi ulang ke penjual uang telah ditransfer dan sms kan nama serta alamat lengkap. Penjual yang baik juga akan merespon konfirmasi anda baik itu via email ataupun sms bahwa transfer akan segera diproses berikut pengiriman barang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar